VPN ( virtual private network)

Virtual private network atau disingkat VPN adalah variasi lain dari skema jaringan yang dibangun sebagai jaringan khusus dengan menggunakan jaringan internet umum. Karena menggunakan jaringan internet, sebuah perusahaan yang membuat WAN (Wide Area Network) berbasis VPN ini mampu menjangkau area yang sangat luas dan lintas geografi. VPN menyediakan koneksi poin-to-poin baik kepada kantor cabang maupun kepada seorang karyawan yang sedang bertugas ditempat lain.

Menghubungkan antar kantor pusat/cabang dengan menggunakan VPN jauh lebih ekonomis dengan keamanan yang dapat diandalkan daripada menyewa jaringan khusus (leased lines) atau dengan panggilan jarak jauh melalui modem.
VPN dapat menjadi jaringan khusus yang besar dan tidak terbatas. Sebuah WAN khusus yang jauh lebih efisien, aman dan berbiaya ekonomis dari WAN atau LAN tradisional. Sehingga telah banyak perusahaan-perusahaan yang menggunakan VPN sebagai infrastruktur jaringanya yang menghubungkan antara kantor pusat dengan kantor cabang dan dengan agen serta client nya.
Tidak ada standar tertentu untuk VPN, namun secara umum dapat disebut bahwa VPN menggunakan jaringan internet umum untuk satu atau beberapa keperluan dengan membentuk lorong khusus (jaringan khusus / tunnelling) secara virtual.
Dalam penggunaan sebagai jaringan khusus ini, VPN diset sedemikian rupa dengan sebuah software dan hardware dengan protocol tertentu yang akan digunakan untuk otentikasi antar user dan untuk penyandian jaringannya. Umumnya VPN dipasangi firewall di dekat servernya yang berfungsi untuk menyaring sehingga hanya client yang telah terdaftar saja yang dilayani.
VPN terbagi dalam 2 bagian yaitu bagian “dalam” yang diproteksi dengan sistem sandi tertentu dan bagian “luar” yang merupakan infrastruktur internet yang tidak diproteksi. Memproteksi data dengan penyandian selama perjalanan antar user dalam sebuah VPN telah sangat populer dan selalu digunakan.
sumber http://hadiwibowo.wordpress.com/2007/02/11/virtual-private-network-vpn/

itu tadi uraian ttg VPN  ...  bukan dr aku tp dari om hadiwibowo. he...he...maklum ...kadang sesuatu itu klo dilihat secara teoritis malah membingungkan.......
oke ,dari pada pusing2 mikir teori mending kita coba mempraktekkan step by step cara instalasi OPENVPN.
1.instal OPENVPN, blm punya bro...? Ovpn versi modif            download disini 
                                                 Ovpn versi 2.1.1            download disini
                                                 Ovpn versi 2.0.9            download disini
                                                 Ovpn versi2.1.1Windw7   download disini
   sudah di instal...? klo sudah kemudian..
2.download file confignya disini    
3.setelah donlot file config yang msh berupa rar td kita ekstrak ke c/program files/openvpn/config
4.instalasi selesai.....o iya ada yg lupa bro,tulis username  dan password yg kita punya di c/progfiles/openvpn/config/configfile2/pass.txt
 caranulisnya adalah  ketik usernya(enter)passnya(enter) lalu di save....


selanjutnya kita tinggal coba saja ,koneksikan  sesuai profil yg kita buat...jalankan open vpn gui maka akan muncul di kanan bawah dua monitor warna merah ,klik kanan konect sesuai krtu yg kita gunakan, monitor akan berwarna kuning ,tunggu sampai berubah jadi hijau...koneksi siap di gunnakan 
  
SOFTWARE PING
stay alive        disini
google.com    disini

UPDATE CONFIG

 

update config terbaru donload disini
>>>>>>>>>>>>>>>>Delta.config di sini 
ini screenshot dari speed donlot yg kita dapatkan menggunakan IDM: 



6 comments:

PUTUADI said...

TINGGALKAN PESAN ....BOS..

INDOSAT said...

gilaa trik ko dijual bebas si..,??!!!LEBIH BAIK ANE TUTUP AJA YA..

Anonymous said...

Indosat => emang elu rugi apaan .... kok maen tutup aja ....

Anonymous said...

kok gag bisa connect...
huh...ada pesan warning pas load openvpn nya...

WARNING: No server certificate verification method has been enabled. See http://openvpn.net/howto.html#mitm for more info.

Anonymous said...

kk username & passwordnya apa ya???

Anonymous said...

kk tolong buatin config buat speedy donk....
pliss, plisss, pliss......
klo butuh info soal koneksiku kontak aja
akbar.zaid6@gmail.com

Sebelumnya sya uccapkan trimakasih sekali kk...

Post a Comment